Sabtu, 07 Mei 2011

Pertanyaan Yang Sering Di Tanyakan Dalam Dunia Hamster

Q: Gimana cara bedain hamster hamil?
A: Perutnya seperti bohlam, puting susu terlihat..sifatnya bermacam-macam ada yang tambah agresif ada yang tambah males.  

Q: Bayi hamster dimakan sama ibunya, kok bisa ya? 
A: Induk hamster memakan bayinya ada beberapa sebab:

1.
Induk hamster kurang gizi karena selama dipelihara tidak mendapatkan makanan yang punya gizi seimbang (hanya dikasih makan kuaci aja, beras aja atau racikan asal2an). Pada saat melahirkan sang induk kehilangan banyak tenaga jika induk kekurangan gizi hal itu bisa memperburuk keadaannya. Biasanya sang induk tidak kuat untuk menyusui (proses menyusui banyak menyedot nutrisi dalam tubuh induk) sehingga anak2nya dibiarkan terlantar. Anak yang mati terlantar tersebut akan dimakan oleh induknya untuk memperoleh nutrisi yang dibutuhkan (bayi hamster mengandung nutrisi yang tinggi). Ada juga anak yang mati saat dilahirkan, kemudian dimakan oleh induk untuk menambah nutrisi.

2. Lemah atau cacat genetik sehingga dibiarkan mati. Induk hamster bisa tau mana anaknya yang lemah atau cacat secara genetik. Biasanya anak tersebut dipisahkan oleh induknya & tidak disusui. Itu adalah naluri alami dari hamster. Sang induk terpaksa harus mengurangi "beban" demi menyusui keturunannya yang lebih "siap" hidup. Jika induk kekurangan gizi, maka anak yang mati tadi akan dimakan. Jika induk cukup gizi anak yang mati tadi tidak akan dimakan, kecuali mayat bayi tersebut mulai membusuk karena tidak diangkat oleh pemiliknya, akan dimakan induknya guna menghindari penyakit yang disebabkan oleh pembusukan tadi.
 

Q: Jantan perlu dipisah ga pada saat betina melahirkan?
A: Sebenernya jantan yang baik itu suka membantu proses persalinan pasangannya, ikut membantu menjaga anak2nya. Masalahnya, jantan itu ga kenal waktu kalo mau kawin (siklus libido hamster itu tiap 4 hari), jadi dalam waktu 1x24 jam setelah betina melahirkan bias terjadi perkawinan. 90% kemungkinan betina akan hamil kembali dalam waktu 2 minggu kedepan. Kalau itu terjadi, maka anak sebelumnya yang masih berusia 2 minggu tidak akan disusui oleh induk betinanya jika melahirkan kembali. Biasanya anak lahiran kedua (anak sundulan) mempunya fisik yang lebih kecil dari bayi hamster umumnya. So, sebaiknya jantan dipisah sebelum induk hamster melahirkan. Selain mengurangi resiko anak sundulan, resiko over populasi juga bisa di control.  

Q: Kalo ga dipisah nanti anaknya dimakan sama jantan gak?
A: Itu persepsi yang salah! Jantan tidak akan memakan bayi hamster jika induk betina tidak memulainya (induk betina hanya memakan bayi hamster yang sudah mati, begitu juga jantannya). Jadi mitos tentang jantan makan bayi hamster itu menyesatkan.  

Q: Boleh ga kita nyilang Winter White dengan Campbell?
A: SANGAT TIDAK BOLEH! Hal tersebut diharamkan di dunia perhamsteran. Selain merusak genetika asli hamster, tindakan tersebut dianggap TIDAK BERMORAL! Resiko yang bisa ada antara lain induk betina akan mati (karena rahim Winter White & Campbell itu beda ukuran), anak yang mati, anak cacat & mati, dll. Jika anda seorang Hamster Lover, anda tidak akan melakukan kegiatan yang bisa membahayakan hamster kesayangan anda.  
 
Q: Diet Hamster Yang Seimbang
A: Diet yang seimbang menyediakan semua bahan yang diperlukan untuk menjaga hamster tetap dalam keadaan sehat. Beberapa makanan memeMukan tambahan dan makanan lain sehingga tubuh bisa memanfaatkan makanan-makanan itu secara efektif.

Bahan pokok untuk diet seimbang adalah :
1. Protein
2. Kaibohidrat dan Lemak
3. Vitamin
4. Mineral
5. Air Putih

Protein
Sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan terutama sangat penting bagi hamster yang sedang mengandung dan anak-anak hamster. Sumber protein yang baik adalah barleys (semacam gandum yang dipakai untuk bir). kacang-kacangan, jagung. buncis, gandum dan kacang polong.

Karbohldrat dan Lemak
Menyediakan energi dan panas tubuh, tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan akan disimpan di tubuh sebagai lemak yang dapat mengakibatkan kegemukan, yang akan menyebabkan masalah untuk perkembangbiakan dan masalah kesehatan. Sumber karbohidrat antara lain : gula. ragi, kentang dan susu. Sumber karbohidrat yang juga merupakan sumber lemak antara lain : barleys (semacam gandum yang dipakai untuk bir). jagung. dan gandum.

Vitamin
Hanya sedikit vitamin yang dibutuhkan. tetapi mereka sangat dibutuhkan agar hamster Anda tetap sehat. Kekurangan vitamin dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

Vitamin A
Sumber : Wortel. dandelions (semacam rumput yg bunga kuning). sayuran hijau, hay.
Akibat jika kekurangan : Diare, pertumbuhan yang lambat

Vitamin B
Sumber: Bakteri gandum, lagi, daging. hati.
Akibat jika kekurangan : Diare, pertumbuhan yang lambat
Vitamin B berpengaruh ke system syaraf dan pemberian secara teratur dapat mengobati stress secara efektif. Salah satu penyebab utama banyak penyakit,
terutama wet tail.

Vitamin C
Sumber: Sayuran dan buah-buahan segar.
Akibat jika kekurangan : Penyakit kulit (kudis). tubuh yang
membengkak.

Vitamin D
Sumber: Minyak ikan, bakteii gandum. sayuran hijau.
Akibat jika kekurangan : Rakhitis.

Vitamin E
Sumber: bakteri gandum, sayuran hijau.
Akibat jika kekurangan : Kelaman kulit. system reproduksi yang
buiuk.

Mineral
Mineral juga hanya dibutuhkan dengan jumlah yang sedikit. Sumber mineral antara lain : susu. sayuran dan biji padi.

Air Putlh
Sebaiknya diletakkan dalam botol air hamster dibanding diletakkan di wadah Karena air di dalam wadah dapat dengan mudah ditumpahkan.

Diet Yang Sehat = Hamster Yang Sehat

Hamster akan memakan apa saja yang disuguhkan kepada mereka. Dan mereka akan tetap memilih gaya hidup. naluri. metabolisme dan kebutuhkan nutrisi sama dengan pendahulu mereka. Karena hamster liar tinggal di daerah padang pasir, maka bahan pokok diet mereka (di alam) terdiri dari biji padi yang ditemukan di tanah lapang terdekat, sayuran tersedia di kebun / sawah petani local, serangga dan rumput liar. Hamster yang dipelihara juga akan berkembang dengan memiLiki kebutuhan diet yang sama dengan rekan liar mereka.

Bahan pokok diet haiian yang balk, membutuhkan : biji bunga matahari (kuaci). jagung. oats, barley, gandung. pellet kelinoi (yang mengandung Alfalfa Hay), snack kucing atau biscuit anjing dan sayuran. Banyak pakan hamster yang telah dikemas dan dijual di pet shop telah mengandung bahan-bahan dasar yang dibutuhkan oleh hamster. Makanan burung kenari merupakan tambahan yang bagus .(Selain menyediakan protein tambahan, menggerogod biscuit anjing dan kucing akan membantu hamster untuk mengasah gigi meieka). Buah-buahan dan sayuran segar, dapat diberikan ke hamstei 2 atau 3 kali seminggu. Dengan jumlah yang sedikit.

Ketika semua kebutuhan dasar nutrisi telah disediakan setiap hari, hamster akan rnemilih biji-bijian mana saja yang dia butuhkan untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Jika Anda perhatikan. maka Anda akan menyadari kalau sisa biji-bi|ian yang terdapat di wadah makan sedap harinya akan berubah-ubah (hal ini akan teilihat lebih jelas pada hamster betina yang sedang mengandung atau menyusui). Hamster menyukai treat (makanan selingan) secara berkala seperti hewan kebanyakan; tetapi treat yang diberikan harus dipilih. Pilih treat yang menyediakan nutrisi tambahan bagi kebutuhan diet mereka seperti sayuran dan buah-buahan segar.
 

Sumber  Dengan Sedikit Perubahan
(\(^.^)/) Salam Hamster (\(^.^)/)

0 Komentar:

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58 :59 :60 :61
:62 :63

Posting Komentar

Terimakasih atas sumbangan Komentarnya!!!!!!!

Cari Blog Ini

Welcome to my blog
go to my homepage
Go to homepage