Selasa, 31 Mei 2011

Pengertian Gen Dominan, Resesif,Lethal,Gen Stabil Atau Murni Dan Gen Warna Overlapping.

  • Gen dominan adalah gen yang kuat dan mampu menonjolkan fitur pada organisme.Gen dominan itu maksudnya gen itu mengontrol penampakan individu. jadi kalo gen dominan disilangkan dengan gen resesif, sifat yg muncul adalah sifat gen dominannya. kalo mau sifat resesif muncul, harus dari pasangan yang punya gen resesif semua. Campbell dengan kode gen Mo dan Si ( mottled dan paltinum ), dikenal memiliki karakter gen yang dominan. Sementara yang lain resesif. Artinya, untuk mendapatkan anak hamster yang memiliki corak/pola (tidak polos), cukup salah satu dari ayah atau ibunya yang dominan.
  • Gen resesif adalah gen yang lemah. Ia tidak boleh menonjolkan cirinya jika berjumpa dengan gen dominan. Ia tidak dapat memperlihatkan cirinya jika bertemu dengan gen dominan. Gen resesif hanya boleh menonjolkan cirinya jika ia berjumpa dengan pasangan gen resesif yang sama. Gen resesif hanya dapat memperlihatkan cirinya jika ia bertemu dengan pasangan gen resesif yang sama. Gen albino adalah unik di antara gen resesif Campbell. Itu berarti bahwa setiap hamster yang memiliki dua gen albino (satu dari setiap orangtua) akan selalu albino dalam warna. Dengan demikian, tidak ada warna dikombinasikan dengan albino. Mari kita ambil contoh. Misalkan hamster memiliki dua gen opal dan dua gen hitam (black), warna yang dihasilkan akan menjadi warna kombinasi biru (blue). Jika hamster memiliki dua gen albino dan dua gen hitam, bukannya warna gabungan, ia akan menjadi albino karna gen hitam yang resesif bisa kalah dari gen albino itu sendiri,bisa di pastikan nanti anaknya kemungkinan albino yang mendominasi.

  • Gen letal atau gen kematian adalah gen yang dalam keadaan homozigotik dapat menyebabkan kematain individu yang dimilikinya. Ada gen letal yang bersifat dominan dan ada pula yang resesip. Gen letal ialah gen yang dapat mengakibatkan kematian pada individu homozigot. Kematian ini dapat terjadi pada masa embrio atau beberapa saat setelah kelahiran. Akan tetapi, adakalanya pula terdapat sifat subletal, yang menyebabkan kematian pada waktu individu yang bersangkutan menjelang dewasa. Ada dua macam gen letal, yaitu gen letal dominan dan gen letal resesif. Gen letal dominan dalam keadaan heterozigot dapat menimbulkan efek subletal atau kelainan fenotipe, sedang gen letal resesif cenderung menghasilkan fenotipe normal pada individu heterozigot ( tdk terjadi pda hamster). Campbell dengan kode gen Mi dan Si dikenal memiliki sifat gen yang lethal. Jika kedua ortunya sama-sama membawa sifat gen lethal, maka sebagian anak-anaknya akan cacat (eyeless, toothless, atau dua2nya), dan gak akan bertahan hidup sampai masa sapih. Peristiwa letal dominan antara lain dapat dilihat  kalau perkawinan mottled/plat yg bermata merah/ruby gak boleh. kalau salah satunya aja yg mata merah/ruby tdk letal. atau sebaliknya: dua-duanya mata merah/ruby, tp salah satunya bukan mottled, its ok (asal tahu persis bener bukan mottled, krn ada yg bulunya polos tp sbtlnya dia anakan mottled, jd bawa gen mottled). yang lethal itu kalau

- sesama platinum,,
- sesama mottled mata merah (panda mata merah)
Lethal itu kalo diartikan bebas, artinya gen yang membunuh. Tp membunuh kalao sama-sama ketemu gen lethal. Kalo sama gen yg tidak lethal, yah no problem.

  • Gen murni adalah gen yg tidak tercampur baur secara genotipnya. tidak selamanya gen satu warna itu murni tetapi dapat juga membawa gen warna lain. Artinya, ada kalanya gen satu warna membawa gen lain tetapi tidak muncul karena bukan gen dominan. Contoh ilustrasi berikut: kalo BLACK murni x BLACK murni akan menghasilkan keturunan Black Murni juga. nah, kalo black tidak murni bisa menghasilkan macem2...Untuk menghasilkan bayi BLACK, selain dari keturunan langsung sepasang induk BLACK, kita bisa mengawinkan sepasang campbell AGOUTI/NORMAL yang membawa gen BLACK (Aa). Keturunannya bisa NORMAL, bisa BLACK. Sedangkan gen stabil adlh sama seperti gen murni tetapi bedanya adalah gen murni biasanya dlm pengertian satu gen. Kalo stabil biasanya dlm pengertian lebih dari satu gen warna.con stabil pada bluefawn.
  • Gen warna overlapping maksudnya satu gen warna yg masing2 terdapat pada kedua org tua. misalnya gini. Mau bikin lilac dari bahan Blue Fawn (ddpp) sama Blue (aadd). utk dapetin lilac (aaddpp) kan butuh gen black (aa). nah, gen yg operlapping itu adalah dd (opal). singkatnya, gen wrn operlappng itu adalah gen warna yg didobel atau bertumpuk.
semoga bermanfaat..kalo da yang salah mohon d koreksi.karena manusia tidak luput dari kesalahan....sekian dan terima kasih
 Sumber

(\(^.^)/) Salam Hamster (\(^.^)/)

6 komentar:

Terimakasih atas sumbangan Komentarnya!!!!!!!

Cari Blog Ini

Memuat...
Welcome to my blog
go to my homepage
Go to homepage